Thursday, August 03, 2006

Apgar

Sehabis keluar dari ruang operasi, menemani istriku di Caesar… seorang teman menanyakan berapa skor apgar bayi saya. Saya sendiri tidak bisa menjawab karena tidak tahu apa itu apgar. Setelah ditanyakan ke dokter anak di situ, baru saya ketahui bahwa apgar adalah serangkaian tes yang dijalankan kepada bayi yang baru saja lahir dan dibersihkan.

Apgar sendiri adalah singkatan dari (a)ppearance-(p)ulse-(g)rimace-(a)ctivity-(r)eflex. Tes ini dilakukan setelah menit pertama dan kelima setelah bayi lahir. Dua kali tes tadi masing2 meliputi pemeriksaan :

  1. appearance
--> warna kulit tubuhnya ?

  1. pulse

--> frekuensi denyut jantungnya ?

  1. grimace

--> suara tangis bayi kuat atau lemah ? untuk mengetahui usaha bayi untuk bernapas

  1. activity

--> gerakan bayi ? dinilai berdasarkan aktif tidaknya tonus otot

  1. reflex

--> reaksi bayi terhadap rangsangan ?

Dan ternyata bayiku yang mungil itu punya skor 10 / 10. Nilai paling tinggi untuk tes apgar. Kalau pengen tahu rahasianya… wah tanyakan saja langsung ke istri saya kali yach… ;-) Tapi mungkin, doa seorang ayah untuk anaknya ketika masih dalam kandungan berpengaruh juga kali yach. Soalnya, tiap hari saya sering ngelus2 (membelai) perut istri sambil berdoa ya Tuhan jadikanlah anakku ini anak yang kuat… :-)he4x.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home