Saturday, August 19, 2006

Bagaimana Menarik Pengunjung dan Memasarkan Webstore Anda

Seminar TDA Online Marketing

Hari Sabtu, tgl 5 Juli 2006 kemarin saya mengikuti seminar Online Marketing yang diselenggarakan oleh sebuah milis dari komunitas TanganDiAtas. Pukul 9 pagi, saya sudah sampai di PTC (Pulogadung Trade Center), 1 jam lebih awal dari jadwal seminar. Kesempatan itu saya gunakan untuk ngobrol2 dulu dengan panitia di sana. Terus terang, selain temanya yang menarik, secara khusus kehadiran Anne Ahira, salah satu pembicara di sana sangat mengundang minat. Betapa tidak, kesempatan untuk bertemu dan mendengarkan secara langsung dari ‘The Best Young Marketers 2005’ versi Majalah SWA (No.11/XXI Edisi Mei 2005), dan CEO sekaligus pendiri sekolah internet marketing online khusus untuk orang Indonesia (AsianBrain), adalah kesempatan yang tidak akan saya sia-siakan. Bahkan, pada kesempatan itu ada salah seorang peserta seminar yang dapat kesempatan istimewa untuk di review situsnya...gratis! Padahal kalo di dunia internet marketing internasional, Ahira biasa dibayar ribuan dollar untuk melakukan ‘site review’. Sedangkan saya cukup berbangga dan bergembira dengan foto gratis bersama Anne Ahira ;-)he4x.

Selain itu ada pula Bp.Eddy Aji Poerwanto pemilik www.warungbarokah.com, sebuah situs peluang usaha dari JPG Technology.

Beberapa hal menarik yang saya dapatkan dalam seminar tersebut, antara lain :

  1. Bisnis online dengan target market orang Indonesia, menurut Ahira perlu memperhitungkan :
    1. Konsep / tema yang jelas agar dapat membidik target yang spesifik (baca: niche market). Di sini perlu kejelasan bentuk apakah website kita web penjualan ataukah portal. Perbedaan utama kedua bentuk itu adalah pada kepemilikan produk/jasa yang akan dijual.
    2. Cara promosi offline dan online. Tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap bisnis online masih kurang. Agar lebih efektif, perlu dilakukan langkah offline spt: seminar-seminar, media massa/surat kabar, dsb.
    3. Namun demikian, Ahira juga berpesan agar jangan pesimis dengan pasar di Indonesia. Seperti halnya phonecell yang berapa tahun lalu belum populer, tapi kini sudah menjadi kebutuhan umum. Demikian pula halnya dengan internet, dimana sudah dimulai oleh pihak Telkom dengan memberikan fasilitas internet gratis ke sekolah2 di pelosok negeri.
  2. Dalam melakukan bisnis online juga perlu memperhitungkan strategi psychologycal advertising, berupa bentuk website, huruf, gambar2, serta gaya bahasa yang tepat. Dimana ada pendapat bahwa hanya ada waktu 3 dtk untuk pengunjung website tetap membaca headline, dan 10 dtk berikut untuk terus membacanya hingga selesai.
  3. Ahira menambahkan beberapa tips agar pembeli tetap menjadi pelanggan dengan membuat forum milis dan mengirimkan newsletter. Sementara untuk mengumpulkan artikel2nya sendiri kita bisa membeli private label atau dari artikel sumber lain asalkan secara etika dibubuhkan nama authornya. Semua ini dibahas langkah demi langkah pada modul2 yang diberikan dalam kursus online. Bahkan kita bisa mendapatkan MODUL GRATIS dari Ahira sendiri di : www.asianbrain.com
  4. Bp.Eddy dalam makalahnya menceritakan pengalamannya dalam bisnis online yang dikelolanya sejak 23 November 2004 lalu. Menariknya, dari berbagai keterbatasan modal, lokasi usaha, dan SDM saat itu, beliau berhasil membuat situs yang menjual paket bisnis. Hingga sekarang beliau berhasil mengembangkan solusi usaha/bisnis yang baru dengan investasi yang sangat terjangkau.
  5. Hal-hal yang perlu diwaspadai dalam membangun bisnis online menurut beliau adalah :
    1. Masalah hubungan dengan klien yang kurang terjaga karena kurang persiapan team support.
    2. Copy bisnis oleh orang-orang tertentu yang hanya menginginkan keuntungan pribadi semata tanpa memperhitungkan strategi bisnis jangka panjang.
    3. Akibatnya citra negatif yang ditimbulkan oleh para follower tersebut justru cepat tersebar dan membuat kapok dan jenuhnya pasar di Indonesia.
  6. Lebih lanjut, beliau menyarankan beberapa langkah strategi yang dapat dikembangkan, antara lain :
    1. Pemilihan Jenis Usaha

Dalam membuat pilihan usaha yang akan dijalankan secara online, sebaiknya melakukan beberapa langkah berikut :

- Riset pasar

- Belajar dari usaha sejenis di luar negri (surfing internet)

- Aktif dalam milis/newsgroup agar dpt memperoleh informasi serta mengkondisikan pasar

    1. Penyebaran Informasi

Setelah situs kita mulai online, ada beberapa langkah untuk menyebarkan informasi situs online kita tsb, yaitu melalui hal berikut ini :

- Media online, spt: iklan baris, milis, forum, etc

- Media offline, spt: surat kabar, seminar, etc

- Memanfaatkan member sbg marketing (member get member)

- Memanfaatkan sms marketing

- Membuat ‘hot list’ melalui berbagai diskusi di forum/milis.

    1. Customer Satisfaction Maintenance

Sebagai langkah pemeliharaan agar bisnis online tetap berjalan baik, kita perlu menjaga kepuasan pelanggan, dengan strategi berikut :

- Cepat beraksi thd permintaan client

- Lakukan trade dan link URL dengan site2 lain

- Beri pengakuan/penghargaan bagi orang/site yang me-refer site kita.

- Dan sedikit tips dari Bp. Eddy adalah untuk memberitahukan hal2 baru ttg produk/jasa kita sebaiknya jangan lebih dari 3 paragraf. Mungkin ini ada hubungannya dengan ‘waktu 3 dtk dan 10 dtk’ di atas yach…

Demikian beberapa hal yang dapat saya rangkum dari seminar yang saya hadiri. Semoga bermanfaat… dan jika mulai tercetus ide untuk membuat usaha online… mengapa tidak mencoba mengikuti salah satu dari contoh keberhasilan kedua pembicara tadi. Ingat… Kegagalan adalah Sukses yang TertundatapiMENUNDA ADALAH KEGAGALAN YANG PALING SUKSES !!! ;-)

1 Comments:

At 7:34 PM, Blogger Hanli said...

Artikel menarik, dari seminar ABIMC.
salam kenal bapak, saya hanli.
kenapablognya tidak sekalian dikasih guest book ya...


salam,
hanli

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home