Sunday, August 20, 2006

Hormat Graaak

17 Agustus Tahun ’45…
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka...!
Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih dikandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

Tanggal 17 Agustus kemaren, lingkungan tempat tinggal saya mengadakan karnaval. Grace yang masih imut saja ikut naik kereta bayi hias... hormat graaaak...! :-)

Malam hari sebelumnya, di gereja saya mengikuti renungan kemerdekaan. 61 Tahun sudah Indonesia Merdeka. Tetapi keadaan masih seperti biasa KKN (Korupsi, Kolusi & Nepotisme), kemerosotan moral terjadi dimana-mana. Ada orang bilang, kita sudah merdeka dari penjajahan, tetapi sekarang dijajah oleh bangsa sendiri. Tapi apakah kita akan menjadi penonton saja...atau lebih buruk lagi menjadi kritikus yang hanya mencela bangsa sendiri. Jadi, apa yang dapat kita berikan bagi bangsa & negara Indonesia ? Mulailah dari lingkungan keluarga.

Apabila ada seorang anak yang pernah punya pengalaman ‘kekerasan’ dalam rumah tangga. Pengalaman itu mungkin hanya terjadi pada masa kecilnya. Lalu ketika dewasa dia menjadi seorang pemimpin (dlm keluarga / di kantor / di masyarakat atau bahkan menjadi kepala negara) Tapi siapa yang menyadari bahwa dirinya adalah seorang pemimpin yang memiliki luka yang dalam pada masa lalunya. Dan siapa yang dapat menjamin bahwa itu aman-aman saja? Siapa yang dapat menjamin orang tersebut tidak akan menularkan ‘luka-luka’nya kepada yang dipimpinnya atau kepada yang lain?

Lebih baik mencegah daripada menyembuhkan. Lebih baik mempersiapkan sejak dini penerus-penerus bangsa yang beriman dan berbudi luhur. Jadi sekali lagi, mulailah mengisi kemerdekaan negara tercinta ini dari lingkungan keluarga kita sendiri. Tebarkanlah kejujuran, tanamkanlah kedisiplinan, dan pupuklah iman dalam keluarga.

Dan di atas semuanya tadi ... ada kalimat bijak dari Sahabat saya : “Kenakanlah kasih sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.” Agar kita tetap setia dan sedia mempertahankan keutuhan negara Indonesia. Merdeka !

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home